Wednesday, January 12, 2011

mematikan mesin mobil saat berhenti ternyata menghemat duit juga ya heee

Kebanyakan dari kita selalu “memanaskan” mobil di pagi hari. Supir kita juga kita beritahu untuk melakukannya. Ini mungkin karena kebiasaan orang tua kita yang lalu ditularkan. Tapi untuk jaman sekarang mobil sudah tidak perlu dipanaskan apalagi sampai lebih dari 1 menit. Lagian mesin bisa lebih cepat panas kalau dipakai sembari jalan apalagi kalau tinggal di kompeks perumahan seperti saya bisa jalan pelan keluar kompleks sambil memanaskan mobil. Lebih lagi kalau menggunakan mobil berbahan bakar bensin dimana menganggurkan mobil lebih dari 30 detik bisa sangat boros dan lebih baik mesin dimatikan. Secara rata-rata, mobil yang menganggur lebih dari 10 menit menggunakan 0.14 liter bahan bakar dan menghasilkan 90 gram gas.
Coba perhatikan berapa banyak supir-supir yang menunggu sambil menyalakan mesin plus radio dan lebih lagi AC. Kemarin juga saya baca di salah satu surat kabar yang mengiklankan penggunaan TV di mobil bahwa ada artis yang bilang dia menggunakan TV di mobil saat macet dan menunggu syuting. Mungkin dari sisi uang tidak ada artinya bagi mereka, tapi untuk kesehatan mereka sendiri, kesehatan mesin dan lingkungan juga sungguh merugikan. Kalau kita bisa menghilangkan mesin menganggur sebanyak 5 menit saja per hari, maka kita bisa menghemat sampai dengan 2 milyar ton CO2 di atmosfer.
Memang di Jakarta macet tidak bisa dihindarkan. Kalau diperhatikan, mobil kita sangat boros sewaktu jalan di kemacetan. Apalagi yang berjam-jam. Kita pun tidak bisa selalu menyalakan dan mematikan mesin. Repot juga. Banyak orang mengira bahwa mematikan dan menyalakan mesin itu boros, tapi faktanya adalah kalau mesin anda menganggur lebih dari 10 detik akan lebih boros dari itu. Kalau anda berhenti tanpa mematikan mesin dan menyalakan AC supaya dingin, maka mobil anda akan mengeluarkan 13 persen emisi lebih besar!
Jadi bagaimana? Kita harus menguranginya dari hal-hal yang lain seperti:
Jangan mengharuskan cari parkir terdekat, berputar-putar mencari parkir terdekat di toko atau mal akan menghabiskan bensin dan mengeluarkan polusi
Jangan biarkan anda atau supir anda menyalakan mesin saat menunggu
Kalau akan menunggu lebih dari 10 detik, matikan mesin anda
Beritahu ke teman-teman dan keluarga anda. Mematikan mesin menghemat uang, baik untuk mobil anda dan juga lingkungan.

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan tentang tanggapan anda disini!